Monday, November 30, 2009

Info Daftar Haji di BRI dan Depag Sragen

Bersama Lik Sulud dan Pakde Sam, saya ajak mereka ke Bank BRI Sragen (sesuai rekomendasi Mas Mulyono) sbg tempat buka rekening Tabungan Haji. Bank ramai banget orangnya.... Saya ajak mereka agar siap dengan syarat dan prosedur daftar haji secara lengkap dan bisa dipersiapkan dengan baik.

Informasi yang kita dapatkan, buka Tabungan Haji agar bisa diproses utk dapat nomor porsi (sederhanaya; dapat jatah berangkat tahun berapa) adalah Rp 20,1 juta. Kami minta form/blangko isian untuk buka Tab Haji sebanyak 7 utk kita isi di rumah, sehingga besok kembali ke bank sudah diisi lengkap beserta syarat2nya (cuma KTP dan copy 6x). Alhamdulillah, kami dikasih form dan malah diajarin mengisinya, mana-mana yang takperlu diisi, mana-mana tandatangan (soalnya ada sekira 4 lembar dan tandatangan sekira 7 tempat berbeda). Diharapkan besok semua bisa datang langsung/tidak diwakilkan.

Kemudian kami disarankan untuk ke Depag di kompleks rumah Bupati Sragen. Sayangnya, kami tidak bisa minta form SPPH (singkatan apa ya, mungkin Surat Pendaftaran Peserta Haji) tanpa adanya KTP asli, takpalah yang penting dah tahu prosedurnya. Syaratnya juga hanya KTP asli, KK atau foto katanya belum diperlukan.

Informasi awal di BRI, utk pendafatarn sekarang yang dibuka untuk haji tahun 2012, karena tahun 2010 dan 2011 sudah penuh. Tahun 2012 pun sudah hampir penuh, waduh kudu cepet2 daftar nih. Info ini akhirnya dipertegas di Depag. Kuota propinsi Jateng sekira 29.300 jamaah/tahun. Tahun 2012 tinggal tersisa 4000-an kursi (data 24Nov09, sehari sblm libur idul adha).

Alhamdulillah, saya dah lega menunjukkan jalan, prosedur, dan syaratnya, sehingga utk proses selanjutnya bisa diteruskan sendiri/didampingi yang lain.

1 comment:

  1. klau blh nanya biyaya nya sekarang berapa ya pak? soalnya q kepingin daftarin orang tua saya, trims seblmnya

    ReplyDelete