Friday, August 6, 2010

VIVA VOCE PhD , Jum'at 6 Agustus 2010 jam 9-11 pagi.

VIVA VOCE PhD
Jum'at 6 Agustus 2010 jam 9-11 pagi.

Berpakaian rapi (baju panjang, celana gelap, bersepatu, tapi malas pakai dasi), membawa thesis hardcopy, laptop (file presentasi utama, file tanya jawab, referensi dalam sofcopy), bawa 6 jilid buku referensi hardcopy, diriku siap (mau tak mau harus siap) untuk menjalani viva voce PhD di SPS UTM.

Berikut yang saya alami dalam viva voce:

(1) Sidang viva dibuka oleh chairman, memastikan semua sudah hadir dalam ruang viva dan telah siap untuk dimulainya viva. Panel terdiri atas chairman (Prof. Dr. Abu Bakar Muhammad), supervisor (Assoc. Prof. Dr. Jafri Din), internal examiner (Assoc. Prof. Dr. Ngasri Dimon), dan external examiner (Prof. Dr. Adhi Susanto).

(2) Student diminta keluar (sekira 10 menit), panel akan diskusi awal.

(3) Student diminta masuk untuk present sekira 20 menit, diberi penekanan oleh chairman: singkat saja, pastikan yang disampaikan yang penting-penting saja.

(4) Setelah presentasi, dilanjutkan dengan comment secara umum dari para examiner.

(5) Dilanjutkan dengan tanya jawab mengikut page by page thesis kita. Chapter 1-5, lebih banyak klarifikasi maksud satu kalimat dan saran perbaikan dalam pengungkapan, pemilihan kata, susunan kalimat, perbaikan resolusi gambar, penjelasan tentang tabel/grafik, dan saran-saran perbaikan semacamnya. (note: Koreksi diri dalam penulisan dan pemahaman apa-apa yang kita tulis dalam thesis alhamdulillah sangat bermanfaat, menambah confident dan membuat examiner senang bahwa kita sudah sadar mana-mana kesalahan dan bagaimana memperbaikinya. Alhamdulillah semua penjelasan cukup, takperlu buka buku referensi 6 jilid dan power point tanya-jawab)

(6) Student diminta keluar (sekira 15 menit), panel akan meeting dan membuat keputusan

(7) Student diminta masuk dan diberikan hasil keputusan bahwa: LULUS dengan nilai B1 (minor correction, koreksi maksimal 1 bulan), dan layak diberikan gelar DOKTOR.

(8) Kemas-kemas semua laptop dan apa-apa yang dibawa, bersihkan ruang viva

(9) Student dan panel makan bersama di rumah alumni, termasuk para pengantar student (ada 3 orang).

(10) Alhamdulillah selesai sudah..... lega rasanya

No comments:

Post a Comment