Tuesday, July 28, 2009

Panduan muter2 di Spore

ada kawan mau ke spore dan malay, saya buatkan panduan perjalannya, semoga bisa mengingatkan diriku jika lupa dan semoga bermanfaat bagi yang lain, amien.

Yang saya tulis ini rute train MRT (Mass Rapid Transport) yang menjangkau hampir seluruh spore. (ada baiknya biar mudah dan paham posisi dimana n mau kemana, pastikan dapatkan route MRT, biasanya dah include dengan map spore, gratis bisa didapatkan di tourist info atau mana2 tempat keramaian biasanya ada)

Oke, sementara saya kirim versi dari internet aja.
Kita lihat rute yang paling utama aja

Rute 1-2 EW(East-West), stsiun EW1 (Pasir Ris) s.d EW24 (Joo Koon), maknanya rute ini punya 24 stasiun yg dilewati.
Rute 3 CHANGI (train khusus EW4 Tanah Merah-Expo Centre-Changi Airport pp)
Rute 4-5 NS (North-South), sts NS1 (Jurong East) s.d NS27 (Marina Bay)
Rute 6-7 NE (North-East), sts NE1 (HarbourFront) s.d NE17 (Punggol).

Beberapa Interest places and nearest MRT station
1. Lokasi stasiun ada di Changi aiport, namanya CG2 Changi Airport
2. Queen street; terminal bus dan taxi jurusan Spore-Johor Bahru (JB), sts terdekat EW12 Bugis (sekira 500meter), arah bisa tanya orang, mudah kok.
3. Masjid Sultan (kampung arab) sekira 100meter dari queen st atau 400m dari EW12 Bugis. Catatan; cari mushola atau masjid di spore agak susah, tak banyak
4. Patung Singo (Merlion) ada dekat dengan sts EW14/NS26 Rafles Place. Catatan: Rafles Place sbg salah satu station pertemuan antara rute train EW dan NS (interchange)
5. Sepanjang jalan Orchard road utk belanja dan liat2 barang (baju, elektronik, or shopping apapun), bisa turun di NS22 Orchard, boleh disisir sampai sts terdekat NS23 Sommerset
6. Chinatown juga menyediakan jualan souvenir (baju, tas, dll), bisa turun di sts NE4 Chinatown. Ujung chinatown (diujung jalan) juga ada masjid
7. Pulau sentosa bisa dijangkau dengan bus, taxi, dan cable car. Sts terdekat NE1 HarbourFront.
8. NS27 Marina Bay, deket dengan sirkuit F1 dan Feri utk penyebrangan spore-batam/bintan/karimun juga deket situ.
9. Kallang Spore-Malay bus station ada di jalan Lavender. Terminal ini menyediakan bus langsung dari spore ke Melaka, KualaLumpur, Penang dll di Malaysia (selain Johor), stasiun terdekat adalah EW11 Lavender dan EW12 Bugis. Catatan: terus terang saya belum pernah kesitu. Saya belum pakai fasilitas bus langsung spore-KualaLumpur, tapi pernah tanya tiket kalo dari KL-spore RM 47, spore-KL RM57 (beli di KL bisa utk rute darimana/kemanapun).

Catatan:
1. (Walaupun nanti perlu ganti train, misal skrg di NS22 mau ke EW12) dari stasiun dimana kita berada (NS22), kita baiknya langsung beli tiket train ke sts TUJUAN AKHIR (EW12), ntar ganti train di NS25/EW13 city hall, takperlu beli tiket lagi. Belinya pakai mesin tiket, mudah kok, langsung sentuh stasiun TUJUAN AKHIR (EW12), akan terlihat berapa yg mesti kita bayar, masukkan uang, keluarlah tiket dan kembalian uang.
2. Setiap pembelian tiket MRT,sudah termasuk deposit SGD 1. Deposit bisa diambil dengan cara memasukkan tiket di mesin tiket setelah kita sampai di akhir perj., maka keluarlah SGD 1 utk kita ambil

Sekian, maaf kalo ada yg salah/kurang tepat dalam info ini

No comments:

Post a Comment