Tuesday, July 28, 2009

Panduan Perjalanan Johor - Spore

Panduan Perjalanan UTM-Changi-UTM


SANTAI DAN MURAH

UTM-Changi

1. Perj dari UTM/Skudai ke Imigrasi Malaysia samping City Square pakai Taxi (langganan saya Taxi Mohd Zin 0137967132) sekira RM 30.
2. Di imigrasi Malay, sila naik escalator dan cari tempat utk cop paspor di imigrasi.
3. Turun escalator cari bus (biasanya bus Cause Way Link atau SBS Transit). Bilang mau turun di stasiun KRANJI (ada yg tujuan terakhir di Kranji, ada yang tujuan bas terakhir di Queen Street). Jika tak ingin kebablasan, naik aja yang jurusan KRANJI. Tiket mungkin sekira RM 1.70, sila tiket disimpan utk ditunjukkan ketika nanti naik bus lagi.
4. Naik bus sekira 10 menit nyebrang jembatan, nyampe di di imigrasi Spore, turun bus, naik escalator, cop imigrasi (pastikan dah isi arrival card). turun cari bus ke KRANJI (gakharus bus yg tadi, asal tetap naik sesama bus Cause Way Link atau SBS Transit takpa). Perj dari imigrasi Spore k eke KRANJI sekira 10 menit.
5. Naik Bus turun Stasiun MRT NS7 KRANJI, lokasi stasiun bersebelahan dengan halte bus, jadi gakperlu nyebrang jalan jauh.
6. (Walaupun nanti perlu ganti train) langsung beli tiket train MRT ke CHANGI (sekira SGD 3, termasuk didalamnya sudah ada deposit SGD 1 yang nanti kita ambil saat keluar dari stasiun tujuan). Belinya pakai mesin tiket, mudah kok, langsung sentuh screen pada stasiun TUJUAN kita: CHANGI, masukkan uang, keluarlah tiket dan kembalian uang.
7. Pastikan naik train yang arah ke NS1/EW24 JURONG EAST. (NS7 ke NS1 maknanya melewati 7 stasiun, sekira 15 menit). Turun dan ganti train yang ada di sebelah kiri (gakperlu turun eskalator)
8. Ganti train, cari yang arah EW1 PASIR RIS, gunakan tiket yang masih di tangan anda.
9. Turun di EW4 TANAH MERAH. (EW24 ke EW4 maknanya melewati 20 stasiun, sekira 30 menit)
10. Ganti train di rel persis sebelah kanan, gakpakai turun-naik tangga, train langsung menuju Changi.
11. Hanya melewati 2 stasiun, CG1 Expo terus, turun di tujuan akhir train yaitu CG2 Changi (terminal 2). Setelah keluar palang stasiun, sebelum naik eskalator atau lift, sila ambil deposit SGD 1 dengan memasukkan tiket ke mesin tiket, keluarlah SGD 1
12. Naik eskalator 2 kali ke lantai atas atau naik lift
13. Naik Sky Train ke Terminal 1 tempat adanya loket AirAsia (gratis), sekira 5 menit.




AGAK MAHAL TAPI CEPET


UTM-Changi
1. Taxi JB-Spore bisa ditempah langsung dari UTM/Skudai ke Queen Street Spore, RM 80 (dulu RM 60), waktu sekira 1 jam (atau 1.5 jam utk jaga2 masuk office imigrasi Spore), nak minta berangkat jam 6 pagi pun boleh. Langganan saya Taxi Wahab 0127434126 (Taxi khusus melayani JB-Spore). Enaknya pakai taxi, di imigrasi Malay maupun Spore, gakperlu turun dari Taxi, hanya duduk di jog mobil untuk dilihat wajah kita oleh petugas imigrasi.
2. Taxi lokal Queen street ke Changi Airport (Air Asia ada di Terminal 1), biasanya mesti pakai argo sekira SGD 15, waktu sekira 20 menit.


Baliknya, Changi-UTM
1. Taxi lokal dari Changi Airport ke Queen street, biasanya mesti pakai argo sekira SGD 15, waktu sekira 20 menit.
2. Kalo perj dari Queen Street ke UTM pakai taxi SGD 60 (=RM150, maknanya dg jarak yg sama, mahalnya 2x lipat dibanding UTM-Queen street), takmasalah jika memang segera pengin nyampai

Alternatifnya kalo dah di Queen Street biar agak hemat,
1. Naik aja disitu banyak bus ke Kotaraya/Larkin SGD 2.40. Silakan tiket bus disimpan (biasanya bus Cause Way Link atau SBS Transit). Sekira 20 nyampe imigrasi Spore.
2. Di imigrasi Spore, kita turun bus, naik escalator utk cop imigrasi, turun escalator naik bus lagi (gakharus bus yg tadi, asal tetap naik sesama bus Cause Way Link atau SBS Transit takpa, tunjukkan tiket bus yang kita miliki). naik bus lagi nyebrang jembatan sekira 10 menit.
3. Di imigrasi Malay, turun bus, naik escalator, cop imigrasi, turun ke jalan bawah aja cari taxi banyak, sekira RM 25 ke UTM/Skduai.


Catatan:
sopir taxi dah menyediakan arrival/departure card of spore maupun Malay




Changi-UTM
1. Naik Sky Train dari Terminal 1 (Air Asia) ke Terminal 2 (gratis), sekira 5 menit.
2. Turun eskalator 2 kali ke lantai bawah atau naik lift.
3. (Walaupun nanti perlu ganti train) langsung beli tiket train MRT ke KRANJI (sekira SGD 3, dah termasuk deposit SGD 1 yang bisa kita ambil sesampainya di stasiun tujuan). Belinya pakai mesin tiket, mudah kok, langsung sentuh stasiun TUJUAN kita: KRANJI, masukkan uang, keluarlah tiket dan kembalian uang.
4. Ada dua jalur train, pilih mana-mana yang ada sama aja. Train hanya melewati 2 stasiun, turun di tujuan akhir train yaitu EW4 TANAH MERAH.
5. Ganti train di rel persis sebelah kiri, gakpakai turun-naik tangga, train tsb arah ke EW24/NS1 JURONG EAST. (EW4 ke EW24 maknanya melewati 20 stasiun, sekira 30 menit)
6. Ganti train yang ada di rel sebelah kanan, posisi sekarang kita di NS1 cari train yang arah NS24 MARINA BAY (kagak mungkin salah, NS1 adalah ujung, maknanya semua train NS disitu menuju NS24). Gak perlu beli tiket baru, gunakan tiket yang masih di tangan anda. naik train sekira 15 menit
7. Turun di stasiun NS7 KRANJI, sebelum keluar meninggalkan station, sila ambil deposit SGD 1 dengan memasukkan tiket ke mesin tiket, keluarlah SGD 1
8. Halte bas menuju Kotaraya/Larkin ada di persis sebelah stasiun, takperlu nyebrang jalan. Silakan cari tiket bus (biasanya bus Cause Way Link atau SBS Transit). Bilang mau turun di Kotaraya ada (tujuan bas terakhir ada yang Kotaraya, ada pula yang Larkin). Tiket sekira SGD 1.20, sila tiket disimpan utk ditunjukkan ketika nanti naik bus lagi. Naik bus sekira 10 menit nyampe imigrasi Spore.
9. Di imigrasi Spore, kita turun bus, naik escalator utk cop imigrasi, turun escalator utk naik bus lagi (gakharus bus yg tadi, asal tetap naik sesama bus Cause Way Link atau SBS Transit takpa). Naik bus melewati jembatan sekira 10 menit.
10. Di imigrasi Malay, turun bus, naik escalator, cop imigrasi. Turun dan keluar menuju jalan di bawah, dah banyak taxi ke UTM/Skudai sekira RM 25, atau naik bus ke Taman U dan sekitarnya di seberang City Square RM 3.70.

No comments:

Post a Comment