Saturday, January 2, 2010

Mengelilingi Baiturrahman; dapat peta, sarapan, souvenir



Suasana pagi banyak yang berfoto-foto ria juga [mungkin juga pendatang dan pelancong kayak kami]. Setelah puas foto diluar dan di dalam masjid, saatnya kami berurai keluar masjid. Kalo hotel kami disisi utara masjid, saatnya sekarang kami berurarai ke selatan masjid.

Eit, ada toko souvenir Aceh, boleh dong untuk referensi belanja nanti siang ato sore, terutama tas utk oleh saudara2 istri, kami mborong banyak bangets.
Sambil jalan2 lagi, terlihat di ujung jalan ada bangunan menarik kayak museum tsunami, tanya orang, alhamd ternyata benar dugaan kami, jarak hanya sekira 500 meter di selatan Masjid Baiturrahman.

Namun semuanya keinginan jalan2 ditunda dulu, saatnya makan lontong sayur dan hagatnya teh Rp 16.000 berdua di warung sebelah barat masjid sambil baca koran Seranbi Pase, koran lokal Aceh. Tak lupa disisi barat masjid ada Pasar Atjeh, pasar tertua di Banda Aceh.

Alhamdulillah, sekarang sekeliling daerah sisi masjid dari 4 penjuru (timur-barat, utara-selatan) sudah kita kuasai hehe.

Kami benernya sebelum berangkat telah berusaha mencari peta Aceh dan khususnya Banda Aceh, namun belum mendapatkan yang lengkap dengan resolusi tinggi. Alhamd, deket hotel saat jalan pulang, kami menjumpai toko buku, ada disana peta Aceh propinsi dan Kota Banda Aceh @ Rp 28.000. Lumayan untuk memantapkan arah dan tujuan selama di Aceh.

Alhamd pula, abang penjaga toko sangat ramah menjawab pertanyaan2 kami seputar tempat-tempat tujuan yang bisa kita singgahi, terutama untuk mengenang tsunami 26 Desember 2004 (6 tahun lalu). Kami juga tanya sedikit banyak terkait dengan angkutan-angkutan untuk mencapai tujuan2 tsb. Ada becak motor, penumpang max 2 orang ada di samping [di Medan juga ada] bisa mengantar kemanapun kita pergi dengan tarif biasa sesuai jarak. Ada labi-labi (angkutan kota) berbagai penjuru dengan tarif murah, terminal ada di Keudah dekat (sekira 300m) dengan hotel kami.

Depan hotel pula kami dapatkan toko souvenir aceh, lumayan untuk membandingkan harga dan saling melengkapi koleksi souvenir.

No comments:

Post a Comment