Saturday, January 2, 2010

Shubuh di Masjid Baiturrahman





Kami dah siap jam 5 pagi untuk sholat Shubuh di Masjid Baiturrahman, tapi kok tidak terdengar adzan ya, mestinya dalam perhitungan kami belum kelewat. [Kami perkirakan, jika sebulan lalu di Jogja Shubuh jam 3.50, mungkin di Aceh karena jauh lebih barat mungkin shubuh jam5]. Namun kami tunggu lama takda adzan, akhirnya jam 5.10 kira-kira baru adzan, dah ngitu ngaji lama, o.. maknanya yang tadi adalah adzan awal sebelum adzan shubuh beneran.

Saat itu jamaah sudah ramai, banyak yang dah sholat fajar dan berdoa, sambil diiringi lantunan bacaan ayat Al Quran yang merdu. Tepat jam 5.30, dikumandangkan adzan shubuh yang sangat merdu dan mendayu-dayu, panjang sekali tarikan nafas sang bilal. Kemudian dilanjutkan sholat shubh berjamaah dan ceramah pagi.

Masjid Baiturrahman dalamnya terasa besar dan sangat megah, banyak tiang semakin memantapkan bangunan tersebut. Jamaah ramai walaupun shubuh apalagi sholat wajib lain. Cuman sayang toilet sangat terbatas, sedangkan tempat wudhu banyak tapi kurang bersih dikit, mungkin saking banyaknya pengunjung.

No comments:

Post a Comment