Saturday, January 2, 2010

Pelabuhan Ulee Lheue, eh ikut kapal yuk.....





Nama Pelabuhan Ulee Lheue sering kita dengar adalah merupakan salah satu pantai yang terburuk dihantam tsunami Aceh 2004. Lokasinya sekira 10 km dari pusat kota Banda Aceh. Kami naik labi2 (angkot) dari terminal Keudah yang dekat dengan hotel ke Pelabuhan Ulee Lheue bayar seorang Rp 6000, sekira 20 menit. Angkot disini penumpang berada di belakang.

Pelabuhan Ulee Lheue kini sudah berbebah jadi bagus, walaupun pembangunan masih berjalan dan belum selesai. Rumah-rumah baru semua, awalnya habis kena tsunami seperti disiarkan dalam televisi maupun surat kabar, juga gambar2 yang masih bisa kami temui di beberapa tempat di Aceh. Ada kuburan masal di Ulee Lheue yang menjadi tempat istirahat terakhir ribuan korban. Sempat pula kami mampir di Masjid Baiturrahim Ulee Lheue, satu2nya bangunan tersisa di kawasan tsb saat tsunami.

Sesampainya turun angkot di pelabuhan Ulee Lheue, perhatian kami serta merta beralih, dari indahnya pelabuhan yang sedang tumbuh menuju ”kapal itu mau kemana ya, ikut yuk”. Saat itu terdapat dua kapal yang bersandar, yang satu kapal fery yang besar dah siap berangkat, yang satu kapal cepat yang kayaknya masih sepi penumpang. Tanya sana-sini orang di sekitar, lalu ke loket dan ada wartawan pula yang baik hati menjelaskan.

Ternyata kapal-kapal itu mau ke Pulau Weh, kota Sabang. Sontak, rasa pengin itu menggelora, mumpung dah sampai sini. Ditambah lagi informasi bahwa pulau Weh (pulau sedikit menyerupai kayak huruf W) adalah pulau paling barat Indonesia, disana ada ujung KM 0 bagi NKRI (ingat dari Sabang sampai Merauke). Kalau sudah ke kota Sabang, maknanya kapan2 tinggal ke kota Merauke hehe lengkap dah dari Sabang sampai Merauke.

Kami segera mengkonfirmasi tiket dan jadwal berangkat, kalo Feri BRR perjalanan 2 jam Rp 18.500/28.000/36.500 (ekonomi/bisnis/eksekutif), adanya tinggal kelas eksekutif. Kalau Speed boat Pulo Rondo 45 menit Rp 65.000/75.000/85.000 (bisnis/eksekutif/VIP). Kita cari yang segera dan dah siap berangkat aja, yaitu fery BRR eksekutif @ Rp 36.500.

Nggak nyangka, ke Sabang pula kami, alhamdulillah.

No comments:

Post a Comment