Wednesday, March 7, 2007

Istilah Offer Letter, Paspor, Visa, Fiskal,.....

Dulu awalnya saya yg kuper ini blaz gak tahu istilah-istilah bagi orang yang mau sekolah ke luar negeri. Dan yang saya denger kok kayane ribet banget ya..
Akhire saya bisa sedikit mengurai dengan bahasa sederhana menurut pemahaman saya sendiri

1- Offer Letter
Offer letter = surat tawaran adalah tawaran yang dikirim ke kita dari universiti bahwa anda dapat peluang utk sekolah disitu, yen mau diambil ya segera diisi aja form yang ada dan dilengkapi syarat2nya njuk segera di-pos-kan balik atau di-fax. Mben aku isi form kesedian dalam offer letter tsb, njuk saya scan. Saya dulu minta kawan yg lagi sekolah di UTM yg urus ke universiti. Kalo tak ada kawan gakpapa, yg penting kita dah komunikasikan ke universiti dan kita sampaikan bahwa kita jadi ambil tawaran tsb dan kita jelaskan kapan mau datang ke malaysia.

2- Paspor
Paspor maknanya adalah kartu identitas bagi seseorang jika akan melintas antar negara. Seseorang tidak akan bisa masuk atau keluar negara tertentu tanpa adanya identitas yang namanya paspor ini. Paspor bisa dibuat di kantor imigrasi dimanapun, tak mesti sesuai alamat KTP. Saya dulu mbuat paspor di kantor Imigrasi Yogyakarta walaupun KTP saya masih beralamat di Sragen. Bayar Rp 265.000, diurus sendiri walau perlu 5hari kerja takpa, gakusah nitip calo, mari bersama-sama menghindarkan diri untuk menyuburkan praktek percaloan.

3-Visa
adalah surat keterangan bahwa kita diberikan ijin tinggal di negeri orang selama waktu tertentu sesuai dengan yg diberikan negara yang akan kita tuju; sebulan, 3 bulan, setahun, 2 tahun,......

4- Fiskal

Pajak yang dikenakan kepada WNI yang akan melakukan perjalanan keluar negeri. Bayarnya di Bandara atau pelabuhan keberangkatan.

No comments:

Post a Comment