Thursday, March 8, 2007

Pos 1: Airport SOLO

1. Pastikan!! karena baru pertama dan banyak urusan di bandara Solo, datang paling lambat 1.5 jam sebelum keberangkatan pesawat (check in AirAsia mestinya paling lambat 1 jam sblm keberangkatan)
2. Bayar fiskal 1 jt di dekat pintu masuk ruang check in, takperlu isi boring apapun, langsung kasih uang dan kita dikasih kuitansi bukti bayar fiskal
3. Masuk ruang check in bawa print-out tiket+bukti bayar fiskal (masukkan dalam paspor), dan bagasi, semua di-scan x-ray (kalo ada sodara yang anter di luar, tas/bawaan yg nanti akan kita tenteng di tempat duduk pesawat baiknya ditinggal dan dititipkan sodara yg diluar aja, yg dibawa masuk bagasi aja max 15kg, tak boleh bawa cairan, termasuk minuman kedalam pesawat)
4. Check ini counter Air Asia, tunjukkan no. 2, ntar dikasih Boarding Pass (tiket), kartu bagasi, dan 2 buah Departure Card (Indonesia dan Malaysia). Print-out tiket boleh disimpan dalam tas (rasanya tak diperlukan lagi)
5. Masih di dalam ruangan check in, dekat x-ray, silakan bayar Airport tax (Rp 75.000), jangan lupa kuitansi dibawa dan masukkan dalam paspor
6. Keluar lewat x-ray, sekarang isilah Departure card yg Indonesia (soale ntar diminta dan disobek petugas imigrasi ketika mau masuk ruang tunggu). Departure card yg Malaysia diisi di pesawat aja (ntar diminta dan disobek petugas imigrasi ketika di bandara LCCT Kuala Lumpur). Sobekan-sobekan Departure card masukkan paspor dan gak boleh hilang, itu akan dipakai ketika mau keluar/masuk antar negara
7. Pamitan sama keluarga, masuk bawa tentengan tas (bisa 1 atau 2), semua berkas masukkan dalam paspor (biar setiap petugas yg kita lewati, milihi mana-mana yg ia perlukan sesuai tugasnya)
8. Masuk x-ray thd barang2 tentengan kita, lewati petugas imigrasi utk dapat cop bhw kita nak ninggalin indonesia, duduk sebentar di ruang tunggu, masuk ke pesawat (tempat duduk bebas milih, gak ada nomor)
9. Silakan liat pemandangan dan menangis terharu meninggalkan utk sementara waktu orang2 yang kita cintai, dan membjolyangkan Malaysia itu kaya ngapa ya
10. Jolali tulis Departure Card Malaysia, masukkan dlm paspor. Tak boleh bawa minuman dan makanan, yen ngelih beli sama mbak-mbak pramugrari yg nyambi dodolan kayak pedagang asongan (serius ki)

No comments:

Post a Comment