Wednesday, March 7, 2007

lbh detail; Single/Multiple Entry Visa

Single entry visa adalah visa yang dikeluarkan oleh kedubes Malaysia di jakarta diberikan ke kita (tentu kita yang mengurus sendiri). Ini adalah visa sebagai ijin bahwa kita boleh masuk malay untuk pertama kali sahaja.

Multiple entry visa atau biasa juga disebut Student Pass
Student pass akan kita dapatkan setelah kita mengurus di universiti tempat kita belajar, tentunya ya sampai di univ tujuan baru lapor dan urus student pass=visa pelajar.

Cara mendapatkan visa Student Pass (include menjelaskan cara mendapatkan single entry visa) adalah seperti berikut.

Alternatif 1
Karena kita mau sekolah lama di malay, dan perlu keluar-masuk malay berkali2, so perlu namanya multiple entry visa. Itu diuruskan kampus setelah kita bener2 jadi pelajar. Utk dapat multiple entry visa, syaratnya anda harus mbawa dari indonesia yg namanya single entry visa (ijin tinggal 3 bulan).

Nah yang harus kita buat dulu adalah single entry visa, karena Surabaya dan Jogja gak ada, maka anda harus nyari di Kedubes Malaysia Jakarta, Kuningan Jaksel. Syaratnya mbawa offer letter, foto 4x6, paspor asli+copy, mbayarnya cuman Rp 39.000. Murah banget sih benernya, masalahnya mbuatnya nggak sehari jadi. Ternyata saat datang pertama tuch kita hanya masukkan berkas2 tersebut, visa akan jadi 3 hari kerja sesudahnya. Masukkan rabu jadinya senin, masukkan senin jadinya kamis. So, harus nginap di Jakarta atau bolak-balik.

Sesampainya kita di malay, kita serahkan paspor kita ke kampus, kampus akan menguruskan utk mendapatkan multiple entry visa, jadinya sekira 3 minggu, mbayarnya seingat saya RM 75/tahun + biaya urus dll RM 15.


Alternatif 2
Sesama asean bebas visa, gak perlu urus ini-itu langsung terbang ke negara lain tak masalah, cukup bermodalkan paspor dan kalo perlu offer letter, namun sekali kunjungan hanya dikasih ijin tinggal maksimal 1 bulan. Gak usah nyari single entry visa di Jakarta, langsung aja modal paspor dan offer letter, berangkat.

Sesampainya di malaysia, langsung kontak pasca sarjana yg mengurus masalah visa. Ada beberapa kawan yang diminta ambil single entry visa di singapore (karena dekat dan sehari jadi seperti pengalaman istri), ada yg langsung dibuatkan multiple entry visa (silakan lebih detail kontak sesegera mungkin ke bagian pendaftaran universiti anda). Soalnya pengalaman banyak teman, urusan visa itu gampang2 susah, so segera diurus begitu sampai di Malay.

SEMOGA SEMUA URUSAN LANCAR DAN DIMUDAHKAN ALLAH, AMIEN.

1 comment:

  1. kalo kita datang dan udah ngurus sendiri tapi pada waktu ngambil diwakilkan kira2 boleh gak ya? syarat nya apa ajah? tahnk u yaa

    ReplyDelete