Monday, September 6, 2010

Urus visa Arab, belum rejeki kami

Terpikir ide dari seorang kawan untuk mampir umrah ke Arab setelah selesai conference di Eropa. Tanya sana-sini ke kawan/sdr yang pernah umrah atau ngurusin umrah, travel agent, bahkan sampai 2x tanya ke embassy arab…… ternyata kami belum beruntung karena pilihan waktu yang tidak tepat.

Permohonan visa umrah mesti via travel agent dan ditutup seminggu sebelum ramadhan (kalo umrahnya terakhir menjelang idul fitri). Mulai idul fitri, umrah ditutup sampai 3 bulan setelah pelaksanaan haji.

Ide terakhir muncul; pakai visa berkunjung biasa (social visit visa) asal kita bisa sampai ke Mekkah. Sayang, setelah ke embassy Arab, ternyata tetep tidak bisa, Arab tidak menyediakan visa tersebut. Ada visa transit itupun hanya untuk warga semenanjung Arab, ada visa ziarah itupun harus ada surat calling visa dari orang atau institusi di Arab.

Ya sudah, semua info dan peluang utk dapat visa ke Arab telah dicoba dan hasilnya memang belum berpihak pada kita. Mungkin memang kita belum diijinkan, insyaAllah lain waktu dan kesempatan, amien3x.

No comments:

Post a Comment