Sunday, September 26, 2010

Petualangan mandiri dimulai, Delft-Scheveningen




Awalnya hari ini ada rencana kami akan ke ujung Belanda yang jauh di selatan (Maachstrit) yang juga berbatasan Aachen (Jerman, sekolah pak Habibie dulu), juga berbatasan dengan Belgia. Tapi setelah Mas Pandu cek di internet, jadwal train banyak berubah, mesti mutar karena sabtu-minggu memang biasanya digunakan utk maintenance. Kalo tetep kesana mesti mutar dan perlu waktu 5jam (padahal biasanya cuma sekira 3jam), akhirnya kita urungkan niat saja.

Kebetulan Pak Agung hari ini ada acara, kebeneran sekarang tibalah saatnya saya dan istri berpetualang berdua, serba dipikir sendiri bagaimana rute, naik kendaraan apa, makan apa dan dimana, bagaimana cara ngomong, dll. Bismillah.

Sebagai awal, kita bermula dari Delft. Kita nyari tourism info untuk dapatkan peta, masuk supermarket untuk persediaan makanan di perjalanan, beli pulsa telpon tapi gakdapet2, cari souvenir dekat Delft centrum, cari payung di beberapa supermarket karena sering banget hujan (tapi gakdapat2 juga), dll. Semua dengan keberanian dan nekat aja. Bahasa Inggris semampunya, kalo lawan bicara hanya bisa bahasa Belanda, yah bahasa tubuh yang dipakai hehe...

Saya dan istri kemudian melanjutkan perjalanan ke Den Haag, dari Delft naik tram 1. Namun kami penasaran dengan tujuan akhir tram 1, akhirnya kita ikut sampai ujung tempat berhenti terakhirnya tram. Ternyata ketemu pantai indah dan panjang, namanya pantai Shceveningen. Ombaknya lumayan tinggi.

Disitu banyak banget orang, restoran, dan banyak orang jual pakaian dan souvenir. Ada bangunan di atas laut utuk restoran dan jualan cinderamata, juga ada casino (tapi dono dan indro tidak ada hehe). Yang tak kalah, banyak orang di pantai bawa anjing hiiii takut... kenapa anjing aja kok sampai dibawa kesana-kemari.

Terakhir kami ke Den Haag cari rumah makan turki yang ada jual nasi. Pulangnya kami belajar bayar cash ke sopir tram karena ov chipkhaart kita dah habis, alhamd mudah aja yang penting tujuan jelas. Sampai hotel di Delft dah larut malam, saatnya tidur dan esok kemas2 koper kerana penjelajahan akan dilanjutkan ke Amsterdam, pindah hotel dan pindah suasana baru. Sudah booking via internet rate 70Euro/night.

No comments:

Post a Comment