Monday, September 6, 2010

Urus visa Eropa di Embassy Belanda KL

Perjuangan yang luar biasa panjang alhamdulillah telah bertemu ujungnya. Pengurusan visa Belanda dah selesai. Diberi Schengen Visa untuk bisa masuk ke 25 negara Eropa.

Teringat, kami pertama ke Embassy Belanda di lantai 7 AmpWalk (Ampang Jaya). Senin 23 Agustus, kurang syarat ini itu sampai 3 kali ke Embassy, alhamd Kamis 26 Aug dinyatakan lengkap dan diterima. Sampai di lantai bawah ditelpon kurang, saat ngurus 1nya lagi, ditelpon lagi kurang yang lain. Setelah itupun masih 3x ditelpon kurang ini itu lagi, Bahkan di hari ambil visa, masih ada syarat yang kurang, walah-walah...sing sabar pancene durung lengkap.

Untung aja Embassy dekat dengan rumah dan syarat2 beberapa bisa diwakili dengan scan dan kirim email. Untungnya lagi, karena kami mau pulang nanti malam, maka pembuatan visa dipercepat sehingga paspor kami yang ditahan di Embassy bisa kita ambil beserta visa yang telah ditempel. Alhamdulillah gak ada 2 minggu dah selesai.

Sekarang, alhamd visa dah ditangan, tiket akhirnya juga bisa kita pastikan ambil untuk maskapai, tanggal, dan harganya. Terbayang makin dekat mau keliling Eropa selama sekira dua minggu. Kota dan negara minimal yang terpikir untuk dikunjungi adalah Amsterdam Belanda, Brussels Belgia, Paris Prancis, dan Berlin Jerman, kalo sempat sekalian Luxembourg.


Sedikit mengingat syarat urus Schengen Visa (visa Eropa) di Embassy Belanda.
1. Schengen Visa application form yang telah diisi dan ditempel foto 4x6. Form dapat di-download di website embassy Belanda.
2. Invitation letter. Embassy minta invitation letter yang dikirim langsung (boleh via email saja) dari panitia kepada embassy, jangan lupa minta dikirim cc ke email kita. Baik juga disertakan bukti registrasi dan schedule acara
3. Sponsorship letter dari institusi kita (original), lebih baik sertakan juga surat tugas. Istri yang ikut serta tanpa sponsor wajib menyertakan surat dari atasan bahwa diijinkan meninggalkan pekerjaan, juga copy slip gaji 6 bulan terakhir, serta data transaksi rekening 6 bulan terakhir (saldo minimal RM 15,000 – 20,000 atau sekira Rp 45 juta – 60 juta)
4. Return airline ticket (bisa booking dulu via travel agent, jangan bayar dulu karena belum pasti apply visa diluluskan)
5. Travel insurance (minimum cover RM 150,000 atau sekira Rp 450 juta). Polis Insurance utk per 5 hari sekira RM 40 atau sekira Rp 120,000. Ini salah satu tempat untuk urus insurance: AXA Affin General Insurance Berhad No. 27&27A Jl. Glasiar Taman Tasek 80200 JB, ph 07-2328308, Fax 07-2320308
6. Booking hotel selama di negara tujuan (bisa booking dulu via internet, jangan bayar dulu karena belum pasti, hari-hari tersebut mungkin kita berada pada kota yang berbeda).
7. Copy paspor. Copy visa dan surat keterangan tempat kita kerja/sekolah jika kita urus visa bukan di embassy di negara asal kita.
8. Copy of marriage certificate and family member card (diperlukan jika akan membawa anggota keluarga)
9. Biaya pengurusan visa RM 250 atau sekira Rp 750,000/orang.
10. Pengurusan visa 2-4 minggu

1 comment:

  1. pak info dunk untuk apply pertama kan menurut teman teman buat janji dulu via tlp... tp kok susah yah. seandainya sy datang langsung ke kedutaan belanda dilayani tidak?

    trims

    ReplyDelete