Tuesday, September 7, 2010

Perj Mudik Raya; KL-Spore-Jogja

Alhamdulillah lebaran tahun ini bisa mudik lagi. Mudik kali ini terasa special dan membahagiakan sudah punya jawaban mantap kalo ada pertanyaan: "kapan lulus?". Pulkam sekalian juga mohon doa restu keluarga untuk kami yang akan jalan-jalan ke Eropa, visa dah di tangan jadi lega banget rasanya, kepastiannya sudah tinggi, insyaAllah.

Perjalanan mudik kali ini cukup panjang dan melelahkan tapi penuh pengalaman. Selasa jam 11 malam kami naik kereta api Senandung Sutera jurusan KL-Spore. Baru pertma kami mencoba naik kereta api jarak jauh punya KTM Malaysia yg menembus Spore di selatan dan Thailand di utara. Perjalanan memang lebih lambat dibanding bus, tapi tiket cukup murah. Kami ambil seat yang bentuknya tempat tidur tingkat, bawah RM 46, atas RM 40. Bisa tidur pulas dech.

Sampai di JB sekira jam 6 pagi, di imigrasi mau keluar Malaysia kita nggak perlu keluar dari keretapi. Petugas masuk kedalam keretapi dan menandatangani paspor kita dan mengesahkan bahwa kita meninggalkan Malaysia.

Sesampainya di imigrasi Spore, kami mesti keluar keretapi dan membawa semua barang2 kita. Penumpang minta cop imigrasi masuk Singapore dan balik lagi ke seat semula di keretapi. Lanjutkan perjalanan sampai di stasiun ujung yaitu St Tanjung Pagar sekira 30 menit (sekira jam 08.30, jadwal seharusnya jam 07.00). Dilanjutkan naik taxi aja ke Changi airport.

Changi kayak pasar malam, rame sangat. Suasana lebaran sangat terasa. Takterlewatkan kami foto-foto disana. Jam 12.00 landing di Jogja, kembali ke tanah air beta...