Friday, October 1, 2010

Good bye Eiffel, dari Paris balik Den Haag



Pulang ke Belanda sudah tenang. Untuk urusan naik metro sampai ke terminal dah gakperlu ragu/bingung lagi. Karcis metro yang dibelikan Mas Fajar dah habis pun takmasalah, kami sudah berani beli di kaunter. So, karena perhitungan kami masih ada waktu cukup, kami sempatkan untuk melihat dan foto2 Tour Eiffel di malam hari, alhamdulillah cantik.... Good bye Eiffel.. Good bye Paris.

Kemudian kami bergegas menyiapkan diri ke terminal bus Gallieni. Check in di kaunter dan ngomong dengan sopir walau dia pakai bahasa Prancis ya anggap aja saling paham. Alhamd semua dan beres siap balik ke Den Haag, bawaan tambah berat rasanya beli ini itu di Paris. Sambil nunggu bus berangkat, kenalan dan ngobrol lama dengan Ms Aishah dari Belgia. Benernya bahasa dia adalah Prancis, tapi sikit-sikit boleh lah bahasa English. Jadinya nyambung dech ngomongnya.

Perjalanan bus Paris-Den Haag alhamdulillah lancar. Sempat di Belgia (atau dah masuk Belanda), saat istirahat sambil bus isi minyak, ada petugas imigrasi masuk bus utk pemeriksaan dokumen. Alhamdulillah lancar takda masalah berarti. Saya merasa betapa petugas imigrasi tersebut (sekira 5 personel) tidak galak, lebih kepada saran. Seperti ada di sebelah kanan tidak membawa paspor tapi hanya semacam KTP, disarankan: lain kali bawa paspor. Ada juga di bagian belakang tidak memiliki visa dengan alasan hanya transit, juga dilepaskan dan dikasih saran: jika benar hanya transit, tak boleh berlama-lama ya daripada nanti ada masalah.

Alhamdulillah lancar, sampai ke Den Haag Belanda lagi

No comments:

Post a Comment