Friday, October 1, 2010

Tanpa Check Paspor, Welcome to Belgia

Tahu-tahu HP kita bunyi ada SMS jam00.07 (setalah 2 jam perjalanan dari Den Haag); Welkom in Belgie. Uw tarief voor bellen naar Nederland en lokaal is 0.46 p/m, gebeld worden 0.18 p/m en versturen sms 0.13. Prijzen zijn in euro incl. BTW, afgerond op 2 decimalen. Noodoproep naar 112 is gratis info? SMS prijs naar 5545. Groeten, T-Mobile.

Lho berarti sekarang dah masuk Belgia, kapan keluar-masuk Imigrasi Belanda-Belgia? Waduh jangan-jangan kami ketiduran gak ke imigrasi? Disaat-saat bingung, kami mencoba untuk cuek aja menikmati alam Belgia di malam hari. Pikirku, alhamdulillah, kami dah masuk satu negara lain lagi di Eropa.

Dan tak lama kemudian, HP saya bunyi SMS jam02.58 (setelah 3 jam masuk Belgia); Welkom in Frankrijk.Dst sama persis dengan SMS sewaktu masuk Belgia. Walah, sekarang dah masuk negara Prancis. Oh berarti memang dengan adanya Uni Eropa betul2 menghilangkan fungsi imigrasi di tiap batas negara, wah luar biasa semangat kebersamaan dan saling percaya diantara negara2 tersebut.

Kami merasakan betapa enaknya dengan Schengen visa yang berlaku utk 25 negara, ternyata kalo masuk negara lain gakperlu cop imigrasi. Beda dengan dalam sehari kita mesti keluar-masuk imigrasi jika dari Johor mau ke Jogja melalui Singapore. Kapan ya kebersamaan seperti Uni Eropa itu terjadi diantara negara-negara ASEAN?

No comments:

Post a Comment