Sunday, October 3, 2010

Keliling Kota Berlin (sesi siang)







Alhamdulillah, jalan2 hari ini ditemeni Pak/Bu Hendra, guide yang takperlu diragukan karena telah 10 tahun tinggal di Jerman. Sekali naik dari U-bahn terdekat (Turmstrasse) ke Zoologischer Garten, sampailah kami di kompleks belanja Europa Centre.

Angkutan umum di Berlin memang lebih variatif. Ada bus, tram, S-bahn, dan U-bahn (U=under). Beli tiket harian di Berlin zona A/B 6.20euro (tengah kota aja), kalo zone A/B/C 6.50euro. Dengan satu tiket tersebut bisa untuk naik kendaraan jenis apapun dalam hari tersebut. So, nggak usah pusing2 kalo mau jalan2 naik kendaraan di kota Berlin.

Pertama kami mengamati gereja buntung (Kaiser-Wilhelm-Gedachtniskirche) yang patah bagian atas karena dulu di bom oleh USA saat perang dunia. Kebuntungan tetap dipertahankan. Sebentar kami juga masuk mall Eropa centre yang terdapat Jam Air. Juga mampir foto ke menara Siegessaule.

Perburuan interest place selanjutnya adalah gedung parlemen Jerman (Reichgstag). Hari ini 3 October adalah hari penyatuan Jerman sehingga akan diadakan acara di kompleks parlemen. Saat kami datang, sedang diadakan latihan musik, mungkin acara puncaknya adalah nanti malam. Hari-hari biasa, kompleks parlemen ini biasanya terbuka untuk umum, pengunjung bisa masuk ke dalam bangunan. Berhampiran di depan gedung parlemen juga terlihat gedung Kanselir Jerman.

Tak jauh dari gedung parlemen, kami melihat garis bekas tembok Berlin yang memisahkan Jerman barat dan Jerman Timur. Lalu kami segere ke Brandenburger Tor, kayaknya check point antara Jerman Barat dan Jerman Timur.

No comments:

Post a Comment