Thursday, October 7, 2010

Terkesan Eropa 1: Public Transport, Oke Bangett

Ketersediaan/banyak pilihan public transport yang disediakan untuk pengguna. Kemudahan akses betul-betul diperhatikan sehingga dimanapun tempat kita bisa serasa dekat jika memerlukan kendaraan umum. Hal ini juga didukung dengan ketepatan waktu yang luar biasa, bukan hanya untuk kereta api. Bahkan, tram dan bus yang menggunakan jalur umum (kadang juga kena macet sebentar, naik-turun penumpang dll) untuk sampai di setiap halte dan tujuan selalu tepat waktu. Betul-betul nyaman untuk merencanakan perjalanan.

Selain ketepatan waktu, juga ketepatan informasi yang disediakan di website dengan mesin pencari informasi rute, seperti kalo di Belanda www.9292ov.nl dan di Berlin www.avg.de. Kemudahan informasi didapatkan ketika kita minta advice pada halaman website tersebut, misal kita dari titik A mau ke titik B, maka dengan lengkapnya kita akan disuguhi informasi bagaimana dan arah mana kita ke halte/stasiun terdekat, naik apa, arah mana, ganti dimana, jalan kaki, dll sampai detail berapa menit waktu yang digunakan masing-masing potongan rute, hebat bener.

Terkait dengan tiket, kalo di Belanda menyediakan fasilitas OV Chipkaart yang seperti kita punya duit prabayar, bisa kita gunakan card tersebut (selama masih ada saldo minimal) untuk naik train, bus, tram, metro, dll. Kalo di Berlin dan Paris bisa pakai tiket harian (6.5 euro di Berlin sudah zone ABC) atau tiket one-way, harian, mingguan ada di Paris. Kalo pakai kendaraan sendiri, jalan tol di Belanda free, Jerman juga, kecuali Paris mesti bayar.

No comments:

Post a Comment